(0717) 422145
info@ubb.ac.id
Let's Protect Our Campus, Let's Go Green

Artikel EcoGreenUBB

Dosen UBB Lakukan Sharing Session untuk Scale Up Tambak Udang Skala Rakyat di Desa Kurau


 

Kurau, UBB–  Tim dosen Universitas Bangka Belitung lakukan pengabdian dengan memfokuskan pada permberdayaan kelompok pembudidaya udang, tambak skala rakyat Gempa 01, di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah. Kegiatan ini dilakukan guna untuk dapat meningkatkan pengetahuan kelompok, sehingga keberhasilan panen dapat meningkat.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (26/8/2022) di  tempat wisata Mangrove Munjang, Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah tersebut, dilakukan oleh Ibu Dr. Pi. Fika Dewi Pratiwi, S.Pi., M.Si. sebagai ketua dan Bapak Hartoyo Notonegoro, S.Pi., M.Si., serta ibu Dwi Rizka Zulkia, B.A.,M.Sc. sebagai anggota Bersama 2 mahasiswa MSP yang berkegiatan MBKM. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui skema PMTU (Pengabdian Masyarakat Tingkat Universitas) dengan pendanaan dari Universitas Bangka Belitung, melalui LPPM. 

Selain itu, kegiatan pengabdian ini mengundang Dr. Robin., S.Pi., M.Si selaku dosen Jurusan Akuakultur, Universitas Bangka Belitung sebagai narasumber. Dr. Robin, S.Pi., M.Si menjelaskan, peningkatan aspek produksi udang tidak terlepas dari perlakuan awal terhadap benur, dimana benur tidak boleh stress, serta kualitas air perlu dijaga terutama kaitannya dengan faktor hujan yang dapat mempengaruhi salinitas dan suhu yang akan berpengaruh terhadap udang. Oleh karenanya, selain pengecekan rutin kualitas air, penambahan plastik sebagai tadah hujan diperlukan untuk disetting di atas tambak ditujukan untuk meminimalisir masuknya air hujan yang dapat mengganggu kualitas air tambak.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan khususnya dalam peningkatan produksi udang, sehingga usaha tersebut dapat lebih berkembang serta mendapatkan hasil panen yang lebih optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar dan ditutup dengan kegiatan foto bersama antara tim dan anggota pokdakan Gempa 01.


(Artikel oleh Tim Pengabdian)